Sabtu, 20 Oktober 2012

GENDANG BELEK,, PENGIRING PENGANTIN

Gendang Beleq adalah adalah salah satu alat musik tradisional suku sasak di lombok. Gendang beleq sendiri artinya Gendang Besar karna ukurannya memeang besar melebihi ukuran normalnya.  Gendang Beleq diciptakan untuk mengiri dan menghibur para prajurit menuju medan perang dan menyabut kedatangan dari medan perang akan tetapi dengan perkembangan zaman gendang beleq digunakan untuk menyambut kedatangan tamu.

Gendang Beleq sendiri pada dasarnya merupakan alat musik akan tetapi lebih dari itu penyajian gendang beleq merupakan seni tari yang memeliki keunikan  dan ke khas an tertentu sebagai sebuat tarian.
Gendang Beleq terdiri dari 2 orang penabug gendang, 4 atau 6 orang penari oceh/oncer ( disebut demikian karena para penari sambil menari memegang alat musik copeh yang sewaktu-waktu di mainkan mengikuti irama musik ) dan 1 orang penari petuk ( membawa alat musik petuk yang dimainkan mengikuti irama musik), Selain itu masih banyak juga alat musik yang digunakan dalam penyajian gendang beleq ini seperti suling, gong, terumpang, kenceng, oncer, pencek.
Penyajian Gendang Beleq ini memiliki bagian-bagian seperti :
  1. bagian pertama ditarikan bersama oleh penari oncer, gendang dan petuk. Bagian ini merupakan gambaran keberangkatan para prajurit ke medan perang.
  2. Bagian kedua  ditarikan oleh penari petuk dengan gerak-gerak yang lucu. Bagian ini merupakan tari untuk menghibur
  3. Bagian ketiga ditarikan bersama penari oncer, gendang, dan petuk. Bagian ini merupakan gambaran setelah peperangan selesai.
Selain memiliki bagian-bagian tertentu dalam penyajiannya, gendang beleq juga memiliki struktur penyajian seperti :
  1. Diawali dengan masuknya 2 orang penari gendang, tampak tarian ini sangat gagah dan dinamis.
  2. Kemuclian masuk 4/6 orang penari oncer, se.entara penari gendang mengambil posisi di samping kiri kanan sebagai latar belakang.
  3. Penari oncer mengambil posisi clucluk sambil menyanyi lagu Pampang Paoq.
  4. Sebagai akhir sari penari oncer keluar pentas diikuti penari gendang.
Para penari Gendang Beleq
Para penari Gendang Beleq  memakai busana celana tiga , perempat, baju krah sanghai lengan panjang, ikat pinggang, kain tiga perempat, dodos, dan ikat kepala, sedangkan penari oncer mengenakan busana celana tiga perempat, baju krah sanghai lengan panjang, ikat pinggang, kain tiga perempat, ikat kepala, dan hiasan dada.
Dari sekelumit Tentang gendang beleq banyak makna tersirat disana selain  pada awalnya menghibur para perajurit ke medan perang akan tetapi kelestarian dan kelangsungan tradisi inilih yang harusa terus dilestarikan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar